Kamis, 18 November 2010

Tips pemilihan lokasi budidaya Jamur

( image source : http://www.denieksukarya.com/photo_library/photo1641_05_dgs-ancient%20temples%20of%20dieng%20plateau,%20central%20java.jpg ) 


Pemilihan lahan atau lokasi budidaya Jamur adalah hal yg sangat krusial jika anda menginginkan Panen yang berkualitas tinggi. Pada dasarnya , Jamur bisa hidup dimana saja asalkan iklim mikro bisa kita ciptakan sendiri , atau dengan kata lain mengkondisikan lingkungan agar sesuai dengan syarat hidup jamur, contohnya seperti penciptaan iklim di dalam kumbung. Pada kenyataan di lapangan, itu saja tidaklah cukup. kita juga harus memperhatikan lingkungan sekitar dimana kita menanam Jamur. Karena apa ? banyak hal diluar kumbung Jamur yang akan berpengaruh besar terhadap isi kumbung itu sendiri.Syarat- syarat yg sesuai untuk pertumbuhan Jamur diantaranya ialah :

  •  Lingkungan iklim yang sesuai untuk tumbuh Jamur, misalnya suhu, kelembapan, intensitas cahaya. Suhu yang dibutuhkan untuk tumbuh ideal Jamur Tiram ialah 16-24 derajat celcius, tetapi Jamur Tiram juga masih bisa tumbuh sampai dg suhu 35 derajat celcius. Tingkat kelembaban ialah 70 s/d 90 % lebih. Intensitas cahaya cukup dikur dengan mata kita yg bisa membaca koran dengan jarak 1 lengan saja.
  • Jauh dari kawasan aktif dan produktif seperti pabrik, lalulintas kendaraan dg kepadatan tinggi, pusat kota, dsb. Hal ini dikarenakan agar Jamur Tiram tidak terkontaminasi dg limbah industri dan polusi udara.
  • Lingkungan yang banyak pohon akan menyebabkan banyak oksigen yang berguna untuk pertumbuhan optimal Jamur, selain itu juga pohon teduh akan menghalangi kumbung jamur terkena sinar matahari langsung, yang efeknya akan menstabilkan suhu dan kelembaban di dalam kumbung.
  • Dekat dengan sumber air. Air adalah nadi bagi budidaya jamur, baik uuntuk campuran pembuatan bibit s/d baglog, maupun untuk perawatan Jamur.
  • Mudah dijangkau, baik oleh pe-budidaya maupun pembeli Jamur. Diusahakn juga tempat yang mudah untuk pengangkutan baglog dalam skala besar, misalnya truk atau mobil puck up.
  • Yang paling penting ialah, dekat dengan bahan baku pembuatan Jamur ( jika anda berminat untuk membuat baglog sendiri ). Ini menjadi penting karena pada tempat yg sulit terjangkau akan menambah beban biaya untuk transportasi dan jatuhnya ke harga jual yg tidak kompetitif.
  • Perhitungkan antara luas lahan dengan jumlah baglog yang akan ditanam, jika berniat membuat baglog sendiri, perhitungkan pula luas tempat untuk penimbunan bahan baku gergajian kayu, lahan inkubasi, tempat steril, juga pengisian baglog.
  • Usahakan jauh dari lahan kosong tak terawat atau yang disinyalir banyak hama yang bisa berpindah ke dalam kumbung jamur.

     










Tidak ada komentar:

Posting Komentar